PENTING !

Harry Benjamin's Syndrome sesuai dengan peraturan standar internasional, harus dinyatakan oleh 2 orang psikiater atau 1 orang psikiater dengan 1 orang dokter. Tidak ada Jalan Pintas dalam berjalan dengan Harry Benjamin's Syndrome. Untuk bergabung dengan Support Grup dan mengetahui para ahli-ahli medis yang kami rekomendasikan, anda dapat menghubungi kami lewat Email : HBS.Indonesia@gmail.com.

Selasa, 28 Februari 2012

Prosedur Medis untuk FtM (Female to Male)



Untuk Artikel ini semua bahan diambil dari Endocrin Treatment for Transsexual Persons: An Endrocrin Society Clinical Practice Guideline. The Journal of Endocrinology and Metabolism. (J Clin Endocrinol Metab 94: 3132–3154, 2009) and The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, 94: 3132–3154, 2009 docrine Sciety Clinical Practice.


Diterjemahkan oleh : Prabha Mahojjwala.




HORMON


Perempuan-ke-Lelaki (FtM)

SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIPENUHI

· Umur sah secara hukum (21 tahun ke atas di Indonesia, 18 tahun ke atas di 
AS)
· Memiliki pengetahuan tentang apa yang secara medis dapat dan tak-dapat 
dilakukan dengan hormone; juga memahami manfaat serta resiko 
penggunaan hormon.
· Harus sudah menjalani minimal 3 bulan pengalaman nyata hidup (Real-Life 
Experience) di tengah-tengah peran gender yang dituju atau menjalani 
periode psikoterapi (biasanya minimal 3 bulan) yang ditentukan oleh 
seorang psikiater.

BAGAIMANA TERAPI HORMON DIPEROLEH DAN 
DILAKSANAKAN







Sebagian besar Praktisi Kedokteran, para profesional bidang Kesehatan Jiwa dan Terapis Gender yang menangani transseksual sungguh-sungguh mengikuti Standard Perawatan Harry Benjamin. Walaupun hanya berupa panduan, Standard Perawatan tersebut memberikan instruksi yang spesifik sehubungan dengan surat rekomendasi pelaksanaan terapi hormon maupun Operasi Penegasan Kelamin (SRS).

Beberapa dokter memang tidak sepenuhnya mengikuti panduan ini dalam konteks tata-cara pemberian hormon. Biasanya yang kedua ini dilakukan jika yang bersangkutan hanya menginginkan terapi hormon saja. Walaupun hal tersebut diperbolehkan, akan tetapi jika Anda berencana untuk menjalani tahap Operasi Penegasan Kelamin, operasi rekonstruksi dada ataupun semua operasi terkait; sangat disarankan bagi Anda untuk memohon surat rekomendasi dari psikiater dengan tujuan untuk menghemat waktu serta menghindari masalah di kemudian hari, sebab hampir semua dokter bedah kasus ini menuntut adanya surat rekomendasi tersebut dan mereka akan menolak melakukan operasi apabila Anda tidak memberikan surat rekomendasi psikiater yang dimaksud.

Hormon dibuat, dikendalikan dan diproduksi oleh sistem endokrin. Jadi, untuk penanganan hormon, seorang dokter ahli endokrin adalah dokter yang paling tepat untuk dimintai konsultasi. Tetapi jika tak ada atau sulit mengubungi dokter endokrin, seorang dokter ahli andrologi dan/atau dokter ahli ginekologi yang baik juga dapat melakukannya karena mereka dapat lebih memahami serta terbiasa memberikan resep testosteron, estrogen maupun progesteron.

Sangatlah penting untuk melakukan pemeriksaan medis (general check-up) baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan terapi hormon untuk memperkecil resiko yang ada (baca keterangan di bawah).

Terdapat resiko-resiko yang dikaitkan dengan terapi hormon baik kepada laki-laki ataupun perempuan sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi produk hormon kecuali jika diresepkan secara medis.


Testosteron [L. testis , testikel]

Merupakan hormon seks steroid yang bertanggung-jawab terhadap pertumbuhan dan perkembangan ciri-ciri maskulin. Testosteron secara langsung mempengaruhi pematangan organ-organ seksual, perkembangan sperma di dalam testis, dorongan seksual, fungsi ereksi penis, dan ciri-ciri seksual sekunder laki-laki (bulu wajah seperti kumis, jenggot, jambang; penebalan pita suara serta pembentukan massa otot yang nyata). Testosteron juga diketahui berhubungan dengan perilaku agresif dan ganas.

Testosteron diproduksi oleh sel-sel Leydig di dalam testis; juga diberikan untuk terapi sulih hormon bagi laki-laki yang menderita kekurangan hormon, misalnya laki-laki dengan kondisi hypogonadal seperti Klinefelter’s syndrome.

Secara merugikan, testosteron mempengaruhi penyakit-penyakit kelenjar prostat dengan menyebabkan pertumbuhan hyperplasia lunak pada kelenjarnya dan kanker prostat. Kedua kondisi ini mungkin ditangani dengan terapi anti-androgen. Perilaku seksual ganas juga bergantung pada testosteron sehingga penanganannya adalah dengan menggunakan intervensi yang memblokir pengaruh-pengaruh testosteron.

Perawatan paling efektif yang selama ini dikenal untuk FtM adalah injeksi atau suntikan testosteron intramuscular (di dalam daging) dengan dosis 200 – 250 ml setiap 14 – 21 hari. Begitu seseorang sudah memulai terapi testosteron, dalam waktu singkat (kira-kira setahun atau malah kurang) akan berkembanglah sejumlah ciri-ciri tubuh yang tampak dan tak dapat dikembalikan lagi pada kondisi semula.

AndroGel

AndroGel berisi hormon testosteron. Gel ini diresepkan sebagai terapi sulih hormon bagi laki-laki yang secara abnormal memiliki kadar testosteron rendah. Bentuk-bentuk lain terapi testosteron termasuk tablet, susuk atau injeksi intramuscular. Gel memberikan kadar testosteron yang lebih konsisten dibandingkan dengan jenis suntik dan bisa lebih mengurangi iritasi kulit dibandingkan jenis susuk.

Testosteron dibutuhkan untuk perkembangan fisik normal pada laki-laki, juga bertanggung-jawab terhadap pemeliharaan ciri-ciri seksual sekunder yang temasuk jenggot, bulu dada, massa otot serta libido. Dalam banyak studi klinis, AndroGel berhasi memproduksi kadar testosteron normal pada lakilaki yang tidak mampu memproduksi testosteron secara alamiah. Gel ini juga berhasil mengurangi gejala-gejala rendahnya kadar testosteron seperti libido rendah maupun penyusutan massa otot.

AndroGel adalah gel bening tak berwarna yang dikemas di dalam karton berisi 30 paket sekali-pakai. Kisaran dosis pemakaian yang umum adalah 25 – 100 mg per hari. Setiap pagi, oleskanlah gel ini ke kulit yang telah kering dan bersih di pundak, lengan atas atau perut. Basuhlah tangan Anda dengan sabun dan air segera setelah mengoleskan gel ini. Tunggu hingga gel-nya mengering sebelum memakai baju. Gel ini tidak akan mempengaruhi bagian kulit yang telah diolesi, sehingga tak aka nada bulu yang tumbuh di pundak ataupun membuat otot bisep membesar. Sebaliknya, cara kerja gel ini adalah mempenetrasi kulit dan diserap ke dalam aliran darah.

PERUBAHAN-PERUBAHAN yang TAK DAPAT DIKEMBALIKAN PADA
KONDISI SEMULA

Perubahan-perubahan permanen yang terjadi adalah:

1. Memperberat suara (6 – 12 minggu)
2. Perpanjangan klitoris dengan derajat yang bervariasi, pada sebagian orang bahkan ukurannya
cukup mampu untuk melakukan penetrasi terhadap pasangan
3. Sedikit penyusutan payudara
4. Berhentinya siklus haid dalam 3 (tiga) bulan –telah terbukti pada lebih dari 90% pasien
5. Meningkatnya bulu-bulu wajah yang sama dengan yang terjadi pada remaja laki-laki
6. Menyebabkan pola kebotakan laki-laki: biasanya akan mengikuti pola atau ciri kebotakan yang
terjadi pada anggota keluarga yang laki-laki dan secara akurat ini dapat diprediksi
7. Distribusi-ulang lemak tubuh yang kemudian berpindah ke bagian-bagian yang lazimnya dimiliki
laki-laki

PERUBAHAN-PERUBAHAN yang DAPAT DIKEMBALIKAN PADA
KONDISI SEMULA

1. Kekuatan tubuh atas meningkat
2. Distribusi lemak dengan pola laki-laki ke seluruh tubuh
3. Ini merupakan perawatan seumur hidup bagi FtM

OPERASI-OPERASI bagi FtM

Mastectomy

Yang paling umum dilakukan dan dikejar setelah operasi adalah pembentukan kontur tubuh. Sama tapi tidak persis seperti operasi mastektomi umum.

Pembentukan kontur tubuh penting karena pembuangan jaringan payudara tidak lantas berarti juga memberikan bentuk dada yang maskulin. Operasi mastektomi mungkin akan mengakibatkan lekukan depan tanpa puting dan jaringan parut (codet) yang parah.

Pada awalnya banyak sekali FTM yang menggunakan pembebat atau baju khusus untuk membuat dada rata. Banyak individu yang telah melakukan operasi rekonstruksi payudara atau operasi untuk mereduksi sebagian payudara sebelum Terapi Sulih Hormon. Ini dapat memudahkan transisi fisik juga memberikan penampakan yang lebih maskulin.

Setelah operasi rekonstruksi dada serta mulai memiliki ciri-ciri seksual sekunder yang diperoleh dari penggunaan testosteron, seorang laki-laki yang lahir dengan kondisi transseksual sudah tak dapat dibedakan lagi dari laki-laki lainnya.

OPERASI TUBUH BAGIAN BAWAH

Hysterectomy/Oophorectomy

Histerektomi adalah operasi pembuangan organ-organ reproduksi, yaitu rahim, indung telur dan leher rahim. Belakangan ditengarai bahwa mempertahankan organ-organ ini (indung telur) bersifat menguntungkan kesehatan individu FTM. Masih dipertahankannya organ-organ tersebut mungkin akan memberikan sedikit kadar estrogen yang akan menguntungkan kesehatan struktur tulang dan jantung.

Sehingga kemudian disarankan agar operasi ini tidak dilakukan sampai individu yang bersangkutan mencapai usia pasca-menopause. Sebagian FTM menjalani histerektomi karena Testosteron dapat menyebabkan pengikisan leher rahim. Kebanyakan FTM memutuskan untuk menghindari resiko-resiko serius dari operasi berat ini karena siklus haid dan fertilitas pasti akan berhenti dalam kurun waktu 2 (dua) bulan sejak dimulainya terapi hormon.

Metoidioplasty/Scrotoplasty

Prosedur ini merupakan “pembebasan” dari klitoris yang membesar karena testosteron (metoidioplasty) dan pembentukan kantong skrotum dengan testis implan (scrotoplasty). Kepala klitoris dilepaskan agar memungkinkan klitoris untuk bergerak maju dan naik saat ereksi sehingga nantinya akan menyerupai penis mini. Ini adalah alternatif bagi operasi Phalloplasty yang berat. Namun operasi ini tidak berlaku bagi sebagian FTM karena mereka tidak mencapai perbesaran klitoris yang memadai.

Bagi sebagian dari mereka, saluran kencing mungkin dibuatkan rute baru melalui jaringan ereksi untuk memungkinkan kencing berdiri. Biasanya, hasilnya adalah skrotum dan penis mini yang sangat nyata. Para dokter bedah yang melakukan operasi ini dituntut untuk memiliki keahlian dan keterampilan dalam operasi bedah-mikro.

Metoidioplasty/scrotoplasty biasanya dilakukan dalam dua rangkaian sesi operasi karena jaringan kulit harus sembuh dulu sebelum melakukan operasi berikutnya. Komplikasi utama kebanyakan terjadi berkaitan dengan saluran kencing sebagaimana operasi kelamin yang lain.

Phalloplasty

Kebanyakan FTM menginginkan prosedur operasi ini karena hasilnya adalah phallus atau penis yang tampak realistis di mana di situ akan terjadi kekosongan urine sehingga menimbulkan sensasi seksual. Dengan kata lain, hasil dari operasi ini sangat memungkinkan penis tersebut berfungsi dan berorgasme.

Para lelaki non-genetik yang cukup beruntung karena kaya dan sehat secara fisik biasanya bersikukuh menjalani prosedur ini karena hasil yang menjanjikan sejauh mereka tidak mengalami komplikasi yang – sayangnya– umum terjadi di dalam jenis operasi ini. Sehubungan dengan komplikasi-komplikasi itu, tinggal berminggu-minggu di rumah-sakit.

Walaupun makin hari operasi ini makin maju teknologinya serta memberikan hasil yang bagus, kalangan kedokteran menganjurkan pasien untuk tidak menjalani jenis operasi ini.

Kesimpulan

Prosedur operasi bagian tubuh bawah:

1. Dapat merupakan prosedur yang menyita tenaga
2. Biasanya berakibat pada kegagalan parah pada phalloplasty yang menyebabkan banyaknya
jaringan parut di bagian tubuh yang digunakan
3. Dapat berakibat pada kewajiban untuk berpantang dan dapat menimbulkan sakit
berkepanjangan
4. Biaya sosial dan isolasi yang tinggi
5. Dapat menyebabkan pada kecacatan parah pada tubuh
6. Butuh 14 – 16 periode perawatan rumah-sakit hingga 4 (empat) minggu dan biayanya berkisar
antara 30.000 – 150.000 dollar AS
7. Sebagaimana disebutkan di atas, saat ini “phalloplasty” bukanlah operasi yang mudah
direkomendasikan


35 komentar:

  1. kalau operasi mastectomy , berapa biayanya? Dimana saya bisa membeli androgel?

    BalasHapus
  2. Hallo,

    Operasi mastectomy di Jakarta kira-2 antara Rp 29 jutaan, kalau di
    Yogya sekitar Rp 15 jutaan. Untuk Androgel, jarang sekali bisa dapat
    di Indonesia, tetapi mungkin nanti bisa kami tanyakan kepada salah
    satu dokter ahli Andrologi yang menjadi rujukan kami.

    Terima kasih untuk pertanyaannya. Jika masih kurang jelas atau ada
    yang belum kami sampaikan, silakan melontarkan pertanyaan kembali.
    Kami akan berusaha menjawab pertanyaan Anda sebisa mungkin.

    Salam,
    Admin HBS Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hrga 29 jt semua total operasi ftm ? Di mna sy bs melakukn operasi ftm ? Dan gimna cr sy beli androgel ? knp lebih murah di bandingkn bangkok ? Bangkok 50 jt untuk ftm tapi hnya untuk ratakan dada . Di mana sy bs melaksanakn ftm itu segera . Segera hub sy : 082210810003 Call /Wa sy di jkt. Trims

      Hapus
  3. kalau di surabaya ga ada kah dokter yg bisa memberikan terapi hormon untuk FTM?
    atau saya harus ke jogja atau jkt untuk melakukannya?
    apakah sustanon termasuk testosteron injeksi yg bagus untuk FTM?

    BalasHapus
  4. maaf untuk prosedur MTF dimana y?
    udah cari2 di LABEL tp g ada :'(

    BalasHapus
  5. gimana kalau saya ingin melakukan terapi hormon FTM tetapi saya tidak ingin melakukan operasi kelamin?? dimana dan dengan siapa saya dapat berkonsultasi jika saya hanya ingin melakukan terapi hormon FTM saja?
    terimakasih

    BalasHapus
  6. Untuk melakukan terapi Hormon saja memang merupakan pilihan, tapi tetap saya menyarankan untuk melakukan terapi hormon dibawah pengawasan Dokter dan juga melakukan konseling terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi ke tahap terapi hormon.

    Saya juga menyarankan anda untuk membaca tulisan2 yang lain untuk mengetahui efek dari terapi hormon, sehingga anda tidak melakukan "jalan pintas". Karena terapi hormon tidak boleh dijalani dengan sembarangan karena dapat berbahaya bagi kesehatan anda. Prinsipnya adalah anda harus mendapat rekomendasi dari Psikolog yang menyatakan anda membutuhkan terapi hormon.

    Untuk info lebih lanjut, bisa di tanyakan via e-mail ya..

    Vien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisakah saya minta alamat emailnya untuk mengetahui procedure lebih jelasnya. Terima kasih

      Hapus
    2. Permisi, kalau berkenan, apakah boleh saya diberi info psikolog atau konsultan yg dapat membantu saya menjalankan proses terapi hormon? Mohon infonya ke zuzpaq@hotmail.com
      Terima kasih

      Hapus
  7. Mengenai prosedur MtF memang sedang kami susun, dan secepatnya akan kami publikasikan jika sudah lengkap ya.. karena kami sangat berhati-hati atas informasi yang kami berikan sesuai dengan visi dan misi kami.

    BalasHapus
  8. biaya yang dibutuhkan untuk menjalani seluruh prosedur ftm berapa ya kira-kira? terimakasih

    BalasHapus
  9. bisa tolong dikirimkan dokter rujukan untuk spesialis andrologi/endokrin di surabaya ke alamat e-mail ini mvn76vil@gmail.com?
    apakah sebaiknya dilakukan terapi hormon dulu atau operasi penegasan kelamin?

    BalasHapus
  10. bisa tolong dikirimkan dokter rujukan untuk spesialis andrologi/endokrin di surabaya ke alamat e-mail ini mvn76vil@gmail.com?
    apakah sebaiknya dilakukan terapi hormon dulu atau operasi penegasan kelamin?

    BalasHapus
  11. maaf saya juga mau tau biaya yg dibutuhkan untuk semua prosedur ftm kira-kira berapa? dan ada tidak ya yg bisa saya mintai rekomendasi psikolog tentang hal ini di semarang? sekalian dokter spesialisnya kalau ada di semarang. atau di jogja serta biayanya. terima kasih

    BalasHapus
  12. bisa saya minta tolong rujukan psikolog/psikiater di daerah surabaya? dan kira2 berapa biaya yg dibutuhkan untuk konsul ke psikolog/psikiater tersebut?
    Terima Kasih

    BalasHapus
  13. Rujukan dokter andrology di jakarta dmn ya?
    Ada contact person yg bisa dihubungi?

    BalasHapus
  14. Bisa minta contact person dari psikolog/psikiater yang bisa diminta tolong rujukan yg ada di sekitar jabodetabek? atau bandung? terimakasih

    BalasHapus
  15. Untuk dapat mengetahui/meminta rujukan kepada dokter atau psikiater, Anda bisa menghubungi kami via email.

    Terima kasih telah mengunjungi blog dan memberi kepercayaan kepada kami.


    Salam,
    Admin HBS-Indonesia

    BalasHapus
  16. dapat kah saya memperoleh androgel?
    saya 20 tahun, di daerah malang.
    saya ingin informasi lebih mengenai FtM ini.
    ini email saya.
    iknekecil@yahoo.co.id

    BalasHapus
  17. Saya pria 30 thn. Bermasalah dgn perkembangan hormon. Badan saya tegap, tp bermasalah dgn suara dan kontur wajah. Wajah saya bnyk yg blg trrlalu feminin. dikira cewe tomboy. Suara saya jg halus kyk cewe. Mnyebabkan saya gk pede klo gabung dgn tmn2 pria. Mohon infonya klinik andrology di Banjarmasin atau Bandung. Saya mw terapi hormon testosterone, tp gk mw sembarangan. bs diinfo ke abikeyz@gmail.com.

    BalasHapus
  18. Halo boleh minta email? Sy mau sharing privacy, skrg lg proses hormon di bangkok thailand tp biayanya cukup berat, apa bs rekomendasi tempat di jakarta? Trima kasih

    BalasHapus
  19. Saya ingin melakukan suntik T di daerah bandung ada dokter yg bisa melakukan prosedur untuk ftm?

    BalasHapus
  20. Saya ingin suntik T di daerah malang..apa langkah awal apa harus ke psikiater dulu?kalau iya minta rekomendasi psikiater atau dokter di malang atau surabaya.. yayapakbos@yahoo.com

    BalasHapus
  21. Saya ingin suntik T di daerah malang..apa langkah awal apa harus ke psikiater dulu?kalau iya minta rekomendasi psikiater atau dokter di malang atau surabaya.. yayapakbos@yahoo.com

    BalasHapus
  22. Saya mw nanya, apakah menambhkan jumlah hormon sperti ijeksi(suntik) untuk FTM di lkukan seumur hdup ??
    klo seandainya sseorang sudah mlakukan suntik hormon slma 1th kmudian dy brhenti , apakah resikonya ??
    Terimakasih..

    BalasHapus
  23. Saya mw nanya, apakah menambhkan jumlah hormon sperti ijeksi(suntik) untuk FTM di lkukan seumur hdup ??
    klo seandainya sseorang sudah mlakukan suntik hormon slma 1th kmudian dy brhenti , apakah resikonya ??
    Terimakasih..

    BalasHapus
  24. DEAR HBS
    SAYA BARU AKAN MEMULAI PAKE HORMON TESTOSTERON JENIS SUSTANOM,KIRA2 EFEK SAMPING BAGI SAYA APA YA ,TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memulai nya dmna bro ya? Kira kira brpa biaya?

      Hapus
  25. Halo admin , saya candra di bali , saya sudah membaca bnyak artikel maanfaat dan resiko suntik . tp mengapa saya lihat pada you tube org org tersebut sehat2 dan tidak mengalami masalah ? Apakah krna obat d luar negri tak sma dengan di indonesia ? Lalu manakah lebh baik saya lakukan suntik atau gel saja ? Mungkin bsa berbagi info mlalui email saya . thx :)

    BalasHapus
  26. Apa kah efek sampaing bagi wanita yg berhenti inj testosteron?
    Apakah wanita itu masi bisa hamil dan haid, payudara kembali tumbuh, suara kembali jd suara perempuan ukuran clitoris kembali semula, dll

    BalasHapus
  27. maximal umur berapa y kira kira msh bs menjalani ftm pngn nabung dl

    BalasHapus
  28. Maaf gan, mau tanya, kl mau beli androgel dmn yah? atau ada ga yg jual rs transaderm? mohon infonya, thanks.

    BalasHapus